May 5, 2011

penelitian :D

sudah lima bulan berlalu sejak saya memulai penelitian tugas akhir saya. penelitian tugas akhir ini merupakan syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana pertanian yang sering disingkat dengan SP dengan spesialis dokter tanaman.
penelitian tugas akhir saya tentang wereng batang coklat Nilaparvata lugens Stal. (Hemiptera:Delphacidae) pada padi, dimana saya harus mengamati atau tepatnya menghitung jumlah telur yang diletakkan sepasang imago siap telur wereng pada batang padi dengan menggunakan mikroskop (setelah selesai penelitian, pasti ganti kacamata..haha :D) dan batang padi harus diganti setiap dua hari sekali. selain sebagai tempat bertelur bagi si wereng batang padi juga merupakan pakan bagi wereng, wereng menghisap cairan yang ada pada batang padi, tipe alat mulut serangga uji saya ini adalah menusuk menghisap.

selain mengamati jumlah telur wereng yang diperlakukan kepada sepuluh varietas unggul baru (yang asal-usulnya belum saya ketahui dengan jelas) dengan sepuluh ulangan..(hmm banyak sekali ketika dilakukan pengamatan) saya juga harus menjadi ahli bedah bagi si wereng karena setelah kematiannya saya harus membedah isi abdomennya apakah masih ada telur yang masih belum diletakkan.

sebagai ahli bedah yang masih amatiran saya juga bertugas untuk mengamputasi kepala, rostrum, tungkai dan sayap si wereng yang bersayap untuk di foto dan di ukur dikemudian hari..haha

hmm..sebenarnya saya tidak mengerti esensi dari penelitian saya ini namun saya akan terus berusaha dan berjuang agar penelitain saya ini dapat berjalan dengan baik dan cita-cita saya yang baru beberapa bulan lalu saya ketahui yaitu sebagai Dokter Tanaman dapat tercapai pada waktu yang di tentukanNya dengan baik untuk saya nantinya..hehe

semangat semangat sebantar lagi sudah selesai..haha

No comments:

Post a Comment